Pengamat: Masyumi Butuh Perjuangan Ekstra Menjawab Tantangan Politik

Partai Masyumi (Sumber: Istimewa)

Jakarta – Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting, Pangi Syarwi Chaniago mengatakan, perjuangan Partai Masyumi sangat berat untuk menjawab tantangan politik saat ini karena dihadapkan dengan berbagai permasalahan ditubuh partai.

Menurutnya, sejumlah persoalan internal tersebut yakni, Partai Masyumi sampai saat ini belum memiliki sosok yang merepresentasikan partai, kemudian Masyumi memiliki target spesifik seperti pemilih Muslim.

Bacaan Lainnya

“Secara ideologi, segmennya itu jelas, sejalan antara ideologi dan basis ideologi pemilih meski dalam lingkup yang kecil,” ujar Syarwi, Rabu (7/4/2021).

Syarwi juga menjelaskan permasalahan lain yang menjadi hambatan bagi Partai Masyumi Reborn, yakni persyaratan pendaftaran partai di Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham).

“Ambang batas parlemen yang sudah ditetapkan menjadi salah satu tantangan besar bagi Masyumi. Ditambah tantangan lain seperti kebutuhan logistik, kaderisasi, investor, narasi, dan populisme yang dijalankan,” katanya.

Sebelumnya, pada tahun 2020 lalu, sejumlah tokoh seperti Cholil Ridwan, Ahmad Yani, Abdullah Hehamahua dan tokoh lainnya mendeklarasikan Partai Masyumi Reborn bertepatan di Hari Ulang Tahun Partai Masyumi ke-75.

Partai yang pernah berjaya di era orde lama tersebut, mengumumkan susunan pengurus secara resmi bertepatan dengan disampaikannya “Mosi Integral” Mohammad Natsir pada tanggal 3 April 2021.

Berdasarkan hasil pengumuman itu, diketahui menetapkan Ahmad Yani sebagai ketua umum partai dan Sekretaris Jenderal (Sekjen) TB. Massa Djafar.

Inisiator KAMI (Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia) itu optimis menyaring pemilih dengan basis muslim milenial karena partai ini sebagai wadah politik Islam yang bersungguh-sungguh dalam mewujudkan cita-cita perjuangan politik Islam dari para pendahulu.

BACA JUGA :  MUI Sebut Vaksin Sinovac Bisa Dipakai Umat Islam Asal Aman

(HMD/IJS)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *