Muhaimin Iskandar Apresiasi Konsep Wisata Minapadi di Jawa Timur

Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar (Sumber: Istimewa)

Jakarta – Wakil Ketua DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar mengapresiasi upaya mengembangkan potensi wisata berbasis dana desa yang menjamur di Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur.

Menurutnya, konsep wisata yang ditunjukkan masyarakat memiliki prospek yang sangat baik dan menonjolkan unsur kekayaan lokal seperti yang ditunjukkan di Desa Kendalbulur.

Bacaan Lainnya

“Saya harap desa lainnya mengikuti langkah mengelola dana desa untuk mendatangkan penghasilan warga sekitar juga memperkuat ekonomi desa,” ujar Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tersebut, Senin (5/4/2021).

Muhaimin juga mengapresiasi Kepala Desa Kendalbulur Anang Mustofa yang menerapkan konsep wisata minapadi di Nangkula Park sebagai wisata edukasi baru dan menarik minat banyak pengunjung.

“Konsep ini yakni wisata yang memanfaatkan lahan sawah untuk budidaya ikan yang memiliki banyak manfaat bagi petani, seperti mempercepat pertumbuhan ikan dengan pakan yang lebih minim,” ujar Anang.

Ia mengungkapkan, saat ini sudah satu hektare lahan sawah yang terus dikembangkan di Nangkula Park dengan konsep minapadi dengan menggunakan dana desa hingga Rp750 juta.

Menurut Anang, pendapatan dari tempat wisata tersebut tembus di angka Rp2 miliar sebelum pandemi Covid-19 menyerang di awal tahun 2020 lalu.

“Pendapatan itu bersumber dari berbagai sektor seperti tiket masuk, lahan parkir, penyewaan lapak kuliner dan juga pendapatan di sektor lainnya,” pungkasnya.

(HMD/IJS)

BACA JUGA :  Partai Golkar Godok Kadernya Lewat Golkar Institute

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *